Ummu Zahra

Vaksin Tembakau Atasi Sakit Perut

Posted on: Sabtu, 22 Agustus 2009

Vaksin Tembakau Atasi Sakit Perut
ISTIMEWA

Tanaman tembakau bisa dijadikan bahan yang murah dan mudah, untuk membuat vaksin yang mengatasi sakit perut akibat virus yang dikenal dengan nama Norovirus. Demikian kesimpulan penelitian seperti yang dikutip Reuters, Rabu (19/8).

Para peneliti di AS menemukan tembakau yang menghasilkan protein untuk digunakan sebagai pembuatan vaksin melawan Norovirus. Penyakit itu konon mudah sekali menular dengan gejala seperti muntah-muntah dan diare. Biasanya, penyakit ini menyerang lingkungan seperti pelayaran kapal, restoran, sekolah dasar dan asrama militer.

“Di bawah perawatan medis yang tepat, norovirus itu tidak mengancam hidup. Hanya saja itu membuat sangat sangat tidak nyaman,” kata Charles Arntzen, ahli biologi tanaman dari Arizona State University di acara pertemuan American Chemical Society.

Arntzen dan koleganya menggunakan virus dari tanaman tembakau dengan rekayasa genetik yang dinamakan tobacco mosaic untuk memulai pembuatan vaksin ini. “Kami membuat protein yang merupakan vaksin untuk melawan norovirus. Kami menamakannya vaksin nano partikel karena protein yang diproduksi dari siklus yang ada di tanaman tembakau,” kata Arntzen.

Dari pengujian yang dilakukan, vaksin ini bekerja dengan baik dalam hidung ketimbang diminum secara oral. mengapa demikian, karena sel-sel imun dalam saluran pernafasan lebih gampang menyerap vaksin ini. Arntzen menuturkan, timnya telah mendapat dukungan dari US National Institutes of Health untuk melakukan percobaan klinis ini kepada manusia. “Namun kami masih akan menunggu hingga menemukan formula yang terbaik,” katanya.

Sementara itu, pihak ImmuneRegen BioSciences, Inc yang merupakan salah satu unit usaha dari IR BioSciences Holdings Inc mengumumkan, telah bekerjasama dengan Arizona State University untuk menggunakan sistem kekebalan ini untuk pengembangan produk Viprovex dengan vaksin ini.

Sebelumnya, pada tahun lalu juga sempat ada penelitian yang dilakukan Universitas Stanford yang membuat terapetik vaksin dari tembakau untuk kanker darah yang disebut non-Hodgkin lymphoma.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS memperkirakan ada sekitar 23 juta kasus sakit perut yang akut akibat norovirus yang terjadi setiap tahunnya.”Saya melihat tahun 2009-2010 adalah tahun yang penuh terobosan dalam pengembangan teknologi vaksin dari tanaman,” katanya.

Arntzen optimis, nantinya vaksin ini akan menjadi pilihan utama. Sesuatu yang tidak perlu anjuran dokter untuk memilikinya. “Rumah sakit, para petualang dan milter merupakan target utama dari vaksin ini,” ujarnya.

Tak hanya itu, Artzen juga memperkirakan vaksin ini bisa digunakan untuk menangani penyakit lain. Dia menyebut virus H1N1atau virus flu babi sebagai isu berikutnya. Arntzen menuturkan vaksin khusus percobaan klinis akan siap antara 8-10 minggu.

Sementara itu, pembuat vaksin sendiri, Novavax Inc, mengatakan tepat Selasa depan, pihaknya akan membuat vaksin H1N1 dengan menggunakan virus seperti partikel yang tumbuh dalam 4 minggu pada sel ulat bulu. (cr2/rin/republika online)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 40,702 hits

Klik tertinggi

  • Tak ada

Arsip

Acne

Acne Free In 3 Days. All Natural Cure For Stopping Acne In 3 Days! Click Here!

SEO Elite

New Seo Software! The Grand Daddy Of All Seo Software! Get A Top 5 Google Ranking In Under 30 Days! Click Here!
Agustus 2009
M S S R K J S
« Jul   Sep »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
%d blogger menyukai ini: