Ummu Zahra

Kemiri Atasi Gangguan Cerna

Posted on: Jumat, 7 Agustus 2009

Kemiri Atasi Gangguan Cerna
BLOGSPOT.COM

BERKHASIAT: Kemiri dapat digunakan sebagai bumbu masak, juga dapat berkhasiat mengobati masalah pencernaan dan memperindah rambut.

Salah satu dari sekian banyak rempah yang berkhasiat yang dapat ditemukan di Indonesia adalah kemiri atau Aleurites Mollucana. Selain bisa menjadi bumbu masak, kemiri yang termasuk dalam suku Euphorbiaceae dappat mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti buang air besar berdarah dan diare.

Rempah dikenal masyarakat barat dengan sebutan candleberry, Indian Walnut dan Cadlenut, sekarang sudah tersebar luas di daerah-daerah tropis. Tinggi tanaman mencapai sekitar 15-25 meter. Daunnya berwarna hijau pucat. Kacangnya memiliki diameter sekitar 4–6 cm. Biji yang terdapat di dalamnya memiliki lapisan pelindung yang sangat keras dan mengandung minyak yang cukup banyak, yang memungkinkan untuk digunakan sebagai lilin.

Pada saat Anda menderita buang air besar berdarah dan disentri, gunakan 20 gram kulit batang kemiri dengan direbus dengan 400 cc air. Kemiri direbus hingga volume air menurun menjadi 200 cc.Kemudian minum hangat-hangat.

Bagi yang terkena diare, caranya cukup mudah, gunakan 20 gram kulit batang kemiri segar. Lalu, tumbuk kemudian direbus dengan 600 cc air. Kulit batang direbus hingga volume air berkurang menjadi 300 c, saring dan air dimimun 2 kali sehari dengan takaran 150 cc. Teruskan hingga diare sembuh benar.

Untuk mengatasi sembelit, gunakan 1 buah kemiri, ditambah 2 siung bawah merah, 30 gram daun urang aring, 10 gram kayu manis, 5 gram pulosari, 6 gram adas, dan setengah sendok teh garam. Semua bahan dihaluskan dan direbus dengan 800 cc air hingga tersisa 400 cc. Saring dan airnya diminum 2 kali sehari. Setiap kali minum 200 cc.

Kemiri juga berkhasiat bagi masalah kerontokan rambut. Caranya, dengan menggunakan 6 buah biji kemiri. Tumbuk halus dan tambahkan air secukupnya dan dimasak hingga mengeluarkan minyak. Lantas, gosok minyak tersebut pada kulit kepala dan rambut hingga merata. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air. Lakukan maksimal 3 kali seminggu.

Untuk penderita sakit gigi, kemiri juga bisa menjadi alternatif pengobatan. Gunakan 3 tetes getah daun kemiri kebagian yang sakit. Lakukan sebanyak tiga kali seminggu.

Selain itu, penderita bisul juga bisa memanfaatkan kemiri, dengan menggunakan 10 lembar daun pukul empat, ditambah 15 lembar daun kangkun dihaluskan, tambahkan minyak kemiri dan mniyak kelapa. Aduk hingga rata kemudian oleskan pada bisul dan lakukan dua kali sehari.

Kemiri juga bisa meredakan demam pada anak dengan menggunakan kemiri secukupnya, lalu berikan 15 gram akan pulutan dan direbus dengan air secukupnya. Rebus hingga mendidih lalu minum ramuan selagi hangat.

Ada baiknya jika Anda menyediakan kemiri lebih banyak di rumah untuk membantu mengatasi berbagai gangguan penyakit. Selamat mencoba. (berbagai sumber/cr2/rin/republika)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog Stats

  • 40,702 hits

Klik tertinggi

  • Tak ada

Arsip

Acne

Acne Free In 3 Days. All Natural Cure For Stopping Acne In 3 Days! Click Here!

SEO Elite

New Seo Software! The Grand Daddy Of All Seo Software! Get A Top 5 Google Ranking In Under 30 Days! Click Here!
Agustus 2009
M S S R K J S
« Jul   Sep »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  
%d blogger menyukai ini: